Monday, April 1, 2013

Waspadai Penipuan via Telpon!

Hadeeh, penipu jaman sekarang makin canggih aja yak? Gagal pake cara ini, pake cara itu. Gagal pake cara itu, pake cara lain lagi. Niat amat kayanya tuh penipu -_-. Beberapa waktu lalu tante saya ditelpon sama orang gak dikenal, soalnya belum kenalan ama orangnya #eh. Orang itu menelpon ke telpon rumah, dan tau nama tante saya, kayanya sih itu orang liat nama si pemilik rumah dari buku telpon. Gini kira - kira percakapan mereka menurut keterangan tante saya
Penipuan via telepon

Seperti itu kira - kira, untungnya si penipu gak tau kalo tante saya ini gak punya anak. Tapi setelah beberapa lama, tepatnya kemaren, salah satu keluarga jauh saya (ibunya si tante ini, jadi bisa dibilang nenek saya) malah kena tipu dengan modus yang sama. Jadi si penipu ini nelpon ke nomer hape nya nenek saya itu. Gak tau gimana ceritanya si nenek ngirimin pulsa 250 ribu ke nomer si penipu ini.

Kata si nenek, penelpon gelap ini gak punya lampu, makanya gak bisa terang #eh. Maksudnya penelpon gak dikenal alias penipu ini bilang ke nenek kalo salah satu anaknya baru aja ketangkep polisi karena kena razia sabu - sabu. Si penipu bilang polisinya minta uang jaminan 10 juta buat "nebus" anaknya kalo mau dibebasin. Kebetulan juga nomernya si om ini (anaknya nenek, adiknya tante saya) susah dihubungi waktu itu, dan bikin si nenek makin percaya.

Untungnya sebelum si nenek transfer uang 10 juta itu, si om nelpon balik dan ternyata dia tadi lagi di jalan jadi gak bisa angkat telpon, tapi si nenek udah terlanjur ngirim pulsa 250 ribu ke nomer si penipu. Yah masih untunglah daripada kena 10 juta. Ini cuma buat sekedar share pengalaman aja, biar pemirsa bisa lebih waspada. Penipuan macem gini makin sering dan makin canggih dah sekarang. Kampretos semua dah pokonya -_-. Semoga gak ada yang jadi korban berikutnya.

Oiya, untuk tips ngeles dari yang beginian, silahkan mampir ke halaman tips menghindari penipuan via telepon dan SMS.

No comments:

Post a Comment