Monday, January 2, 2017

terbuat dari apa gigi palsu

terbuat dari apa sih gigi palsu?

Pada pertama kali adanya gigi palsu, bahan pembuatan gigi palsu terbuat dari tulang ikan paus, tulang kudanil, ataupun terbuat dari gading gajah. Lalu gigi palsu tersebut diikatkan pada kawat yang bahannya terbuat dari emas. Setelah perkembangan zaman dan adanya benang sutera, kawat pengkait gigi palsu sudah mulai terbuat dari benang sutera. Bahkan Ratu Elizabeth I dan George Washington menggunakan benang sutera untuk menutupi giginya yang ompong.Tidak hanya menggunakan tulang, bahan dari pembuatan gigi palsu juga ada yang terbuat dari emas, perak, atau batu akik. Bahkan tidak sedikit gigi palsu terbuat dari gigi yang asli yang diambil dari mayat korban perang atau dari orang miskin yang sengaja menjual gigi aslinya.
Akan tetapi, seorang Nelson Goodyear yang merupakan seorang pengusaha pabrik ban Goodyear menciptakan sebuah gigi palsu yang bahan pembuatannya terbuat dari karet keras vulcanite dan dijual dengan harga yang murah tapi masih tetap nyaman digunakan. Terbukti gigi palsu ciptaan dari Nelson tersebut laku keras. Bahkan Nelson sendiri mendapatkan hak paten atas gigi palsu ciptaannya tersebut
Dan walau sekarang gigi palsu sudah ada yang terbuat dari bahan akrilik sebagai bahan gigi palsu lepasan, apalagi baru-baru ini sudah ada yang dibuat sebagai gigi palsu permanen, tetapi bahan vulcanite masih terus dipakai sebagai bahan dasar pembuat gigi palsu.
Sekarang sudah ada gigi palsu dengan teknologi magnet. Di Indonesia sendiri baru masuk pada tahun 2011, sedangkan di Eropa sudah berkembang sejak 1950-an. Dan penggunaan teknologi magnet ini bisa digunakan di gusi walau tidak perlu adanya kawat penyangga ataupun merasa takut akan gigi palsu tertelan saat tertidur.
Dan Anda yang ingin menggunakan gigi palsu dengan teknologi terbaru ini, tidak perlu khawatir dengan radiasi magnetnya karena radiasinya sangat kecil jika dibandingkan dengan radiasi yang berasal dari telepon seluler.
Jadi, apapun bahan pembuatan gigi palsu yang Anda gunakan, menggunakan gigi asli jauh lebih nyaman dengan menggunakan gigi asli.
Pengguna gigi palsu sudah mulai banyak. Para penggunanya juga tidak hanya kalangan usia lanjut, tapi kalangan muda juga sudah ada. Hal ini dikarenakan pemakai gigi palsu tidak ingin diketahui oleh orang lain kalau giginya sudah ompong. Akan tetapi, Anda juga harus tahu bahan pembuatan gigi palsu agar Anda tidak sembarangan dalam menggunakan gigi palsu demi kesehatan gigi dan gusi Anda.

No comments:

Post a Comment