Thursday, January 5, 2017

terbuat dari apa indikator pp

terbuat dari apa sih indikator pp?
Fenolftalein ((Inggris) phenolphtalein) adalah pewarna yang berperan sebagai indikator pH.[2] Fenolftalein adalah senyawa kimia dengan rumus molekul C20H14O4 dan sering ditulis sebagai "HIn" atau "pp" dalam notasi singkat.
Cara membuat PP [Phenolphthalein]bahan yang dibutuhkan adalah: ethanol [C2H6O] dan serbuk PPalat : neraca digital, spatula, gelas arloji, labu ukur, pipet volume
 misalkan mempunyai ethanol dengan konsentrasi 99,9%, diencerkan hingga 70%, sbb: V1.M1      =  V2.M2V1.99,9% =  100 ml.70%V1            =  70,07 mlmaka, ambil sebanyak 70,07 ml ethanol 99,9%, kemudian diencerkan dengan menambah aquades sampai volume 100 ml menggunakan labu ukur.
Jadilah ethanol 70%, kemudian timbang serbuk PP 1 gr menggunakan neraca digital. Setelah itu larutkan dalam ethanol 70%. Jadi deh larutan indikator PP
Fenolftalein sering digunakan sebagai indikator dalam titrasi asam–basa. Untuk aplikasi ini, ia berubah warna dari tak berwarna dalam larutan asam menjadi merah muda dalam larutan basa. Fenolftalein sedikit larut dalam air dan biasanya dilarutkan dalam alkohol untuk digunakan dalam berbagai percobaan. Senyawa ini bersifat asam lemah yang dapat membebaskan ion H+ dalam larutan. Molekul fenolftalein tidak berwarna, dan ion fenolftalein berwarna merah muda. Jika basa ditambahkan ke dalam fenolftalein, kesetimbangan molekul ion bergeser ke kanan, menyebabkan ionisasi lebih banyak karena pembebasan ion H+. Hal ini diprediksi menurut prinsip Le Chatelier.
Fenolftalein biasanya digunakan sebagai indikator keadaan suatu zat yang bersifat lebih asam atau lebih basa. Prinsip perubahan warna ini digunakan dalam metode titrasi. Fenolftalein cocok untuk digunakan sebagai indikator untuk proses titrasi HCl dan NaOH.Fenolftalein tidak akan berwarna (bening) dalam keadaan zat yang asam atau netral, namun akan berwarna kemerahan dalam keadaan zat yang basa.
Tepatnya pada titik pH di bawah 8,3 fenolftalein tidak berwarna, namun jika mulai melewati 8,3 maka warna merah muda yang semakin kemerahan akan muncul. Semakin basa maka warna yang ditimbulkan akan semakin merah.

No comments:

Post a Comment