Tuesday, January 3, 2017

terbuat dari apa isi pensil

terbuat dari apa sih isi pensil?


Pensil adalah salah satu alat tulis yang sudah sangat umum. Kamu juga tentu pernah menggunakannya sejak Sekolah Dasar. Mungkin saat ini pun kamu masih sering menggunakannya untuk mengerjakan ujian dengan Lembar Jawab Komputer (LJK). Kamu yang kuliah di jurusan seni rupa atau teknik juga masih sering menggunakannya untuk menggambar. Sebenarnya apa sih isi pensil itu? Isi pensil terbuat dari grafit. Grafit merupakan mineral karbon berwarna hitam mengkilap. Grafit ini mudah hancur menjadi serpihan. Inilah yang sebenarnya terjadi saat kita menulis. Pada saat kita menggoreskan pensil ke kertas, sebagian kecil isi pensil akan hancur menjadi serpihan. Serpihan-serpihan itu kemudian tertinggal di kertas dan membentuk goresan pensil sesuai dengan gerakan pensil itu sendiri. Sebenarnya serpihan grafit kurang bagus untuk goresan yang tajam dan rapi. Oleh karena itu dalam isi pensil juga dicampurkan tanah liat dan lilin sebagai bahan pengikat. Ngomong-ngomong, apakah kode pensil yang kita kenal selama ini merupakan kode untuk isi pensilnya? Ya, memang kode tersebut menandakan kekerasan isi pensil dan ketebalan hasil goresan pensil. Kode H menandakan kekerasan dari isi pensil tersebut. Semakin besar angka di depan kode H, semakin keras isi pensil itu. Sementara itu, kode B menandakan ketebalan hasil goresan pensil. Semakin besar angka di depan kode B, semakin tebal hasil goresannya. Ketebalan hasil goresan pensil ini ternyata berkebalikan dengan kekerasan isi pensil. Hal ini disebabkan semakin keras isi pensil, semakin sedikit serpihan grafit yang dihasilkan dalam sekali goresan, sehingga hasil goresannya menjadi semakin tipis.         
pensil mulai dibuat ketika pertama kali ditemukan bahan isi pensil (lead) yang disebut grafit atau arang hitam yang mengandung karbon. arang hitam ini ditemukan pada tahun 1564 di inggris, tidak jauh dari sebuah tempat yang bernama borrowdale. pada masa itu, arang hitam tersebut diberi nama plumbago. istilah "grafit" baru digunakan kemudian mulai tahun 1779 oleh seorang ahli kimia dari swedia yang bernama k.w. scheele, mengambil dari bahasa yunani yakni istilah "untuk menulis".
pada mulanya, bentuk pensil hanya berupa batangan grafit yang dililit dengan benang supaya tidak mudah patah dan mengotori tangan. tidak lama kemudian, lilitan benang tersebut mulai diganti dengan batangan kayu sehingga menyerupai bentuk pensil yang kita kenal sekarang. eh, tapi dulu batangan kayu pensil itu dibolongi dengan tangan! wah, kira-kira berapa lama ya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu pensil kayu? pada tahun 1662, fridrich staedtler membuka sebuah toko kecil yang menjual pensil di nuernberg, jerman. tidak jauh dari sana, tepatnya di stein, seorang tukang kayu yang bernama kasper faber membuat pensil pertama pada tahun 1761. pensil ini dibuat dari 2 (dua) batangan kayu yang saling dilekatkan dengan lem. batangan grafit diletakkan di antara kedua batangan kayu itu, di dalam lubang alur yang diukir pada salah satu batangan kayu. tidak lama kemudian, pada tahun 1790 - 1795, nicholas-jacques conte (di prancis) dan josef hardtmuth (di austria) mulai membuat pensil dengan cara yang tidak jauh berbeda. conte membuat isi pencil dengan mencampur grafit, tanah liat, lilin, dan pewarna alami, yang kemudian dipanaskan. sedangkan hardtmuth mencoba membuat isi pensil dengan memakai teknik pembuatan keramik. campuran bahan lead yang dibuatnya adalah tanah liat, bubuk grafit, tanah, dan bahan organik lainnya.
 

2 comments:

  1. Terima kasih buat artikelnya bagus & mengena sekali.
    salam sukses & jaya selalu.




    Pencilvania Factory & Partners Produsen
    0898-0988-808
    0813-2270-0999
    022-42824396
    https://goodvania.weebly.com/

    ReplyDelete
  2. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.Harga
    Terjangkau
    Cost saving
    Solusi
    Penawaran spesial
    Hemat biaya Energi dan listrik
    Mengurangi mikroba & menghilangkan lumut


    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management
    OUR SERVICE
    1.
    Coagulan, nutrisi dan bakteri
    Flokulan
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Garment wash
    Eco Loundry
    Paper Chemical
    Textile Chemical
    Degreaser & Floor Cleaner Plant

    2.
    Oli industri
    Oli Hydrolik (penggunaan untuk segala jenis Hydrolik)
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    3.
    Other Chemical
    RO Chemical
    Hand sanitizer
    Disinfectant
    Evaporator
    Oli Grease
    Karung
    Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO
    Zinc oxide
    Thinner
    Macam 2 lem
    Alat-alat listrik
    Packaging
    Pallet
    CAT COLD GALVANIZE COMPOUND K 404 CG
    Almunium

    ReplyDelete