Thursday, August 16, 2018

6 Perbedaan Utama Pesawat Boeing & Airbus

6 Perbedaan Utama Pesawat Boeing & Airbus
Boeing vs Airbus sama-sama merupakan perusahaan pembuatan pesawat ternama di mayapada. Markas Boeing Company terletak di Amerika Serikat dan didirikan sang William E. Boeing pada tahun 1916.. Sedangkan perusahaan Airbus merupakan anak perusahaan asal EADS yang berpusat di Perancis dan Jerman.



Ditinjau asal segi fisiknya, bagian depan pesawat Boeing berbentuk membulat agak melancip. Bika diperhatikan, susunan jendela pesawat Boeing pun sekilas membangun huruf V. Pada pesawat Airbus, bagianwa moncongnya mempunyai bentuk melengkung bulat bareng susunan jendela yang berada dalam garis lurus bareng badan pesawat.



Memang akan selalu menarik seandainya membahas tentang pesawat. Hal ini mengingat sudah sangat lama manusia ingin terbang layaknya burung, namun baru kesampaian setelah penelitian yang dilakukan sang Wright bersaudara. Dua perusahaan akbar yang mendominasi pasar pesawat di mayapada ialah Boeing dan Airbus. Menariknya, kedua perusahaan tadi selalu tampil bareng kekhasannya masing-masing sebagai akibatnya mempunyai cukup poly disparitas terutama dalam desain pesawat buatannya.



Boeing



Boeing Company ialah maskapai penerbangan multinasional yang berkantor di Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1916 sang William E. Boeing. Untuk memperluas pangsa bisnisnya, Boeing Company bergabung bareng McDonnell Douglas pada tahun 1997.



Boeing Company dinobatkan sebagai keliru satu produsen pesawat skala global terbesar di mayapada, dan kontraktor kedirgantaraan dan pertahanan nomor 2 pada tahun 2011. Perusahaan ini mempunyai beberapa divisi antara lain Boeing Commercial Airplanes, Boeing Integrated Defense Systems, Rekayasa, Operasi & Teknologi, Boeing Funds, dan Boeing Shared Services Group.



Awalnya, William. E Boeing yang merupakan seorang veteran di industri kayu memanfaatkan pengetahuannya buat merancang dan menghasilkan pesawat asal kayu. Lambat laun usahanya tadi berbuah mengagumkan bareng terciptanya sebuah perusahaan pesawat terbang. Perusahaan ini menerima pesanan utamanya ketika pemerintah Amerika Serikat membutuhkan pesawat selama Perang Dunia I.



Airbus



Airbus ialah perusahaan manufaktur pesawat ternama yang merupakan anak perusahaan asal EADS, sebuah perusahaan kedirgantaraan di Eropa. Basis perusahaan ini berada di Blagnac, Perancis. Saat ini, Airbus berhasil menjual hampir 1/2 asal total pesawat jet di seluruh mayapada.



Pada mulanya, Airbus dirancang buat menangani konsorium produsen kedirgantaraan. Kemudian pengembangan diambil alih sang perusahaan saham campuran antara EADS dan BAE Systems pada tahun 2001.



Produk pesawat pertama yang berhasil dibentuk sang perusahaan ini yaitu Airbus A300. Selain di sektor pesawat jet, perusahaan Airbus juga menyebarkan pesawat militer, komponen pesawat, dan sistem pertahanan. Salah satu kreasi Airbus yakni biofuel yang bisa dipakai di pesawat buat mengurangi emisi karbon.



Kesimpulan



Cukup gampang buat mengetahui disparitas yang dimiliki antara Boeing dan Airbus. Hal ini karena seluruh pesawat buatan kedua perusahaan ini mempunyai kekhasan masing-masing. Apa sajakah itu?



Perhatikan bagian bawah pesawat umumnya masih timbul tulisan Boeing atau Airbus sebagai manufaktur pembuatnya.

Bagian depan pesawat Boeing berbentuk membulat agak lancip, pesawat Airbus mempunyai "moncong" yang membulat agak melengkung.

Susunan jendela kokpit Boeing membangun V, ad interim pada Airbus susunan jendelanya lurus.

Umumnya Boeing meletakkan mesin di depan sayap, namun Airbus menentukan menaruhnya di bawah sayap.

Boeing dikendalikan memakai kuk sentra dan roda kemudi, ad interim pengendalaian Airbus memakai sidestick.

Pilot Boeing bisa mengatur keseluruhan sistem pesawat, namun pilot Airbus tidak bisa merogoh kendali penuh asal sistem.



No comments:

Post a Comment