Monday, August 13, 2018

Apakah Perbedaan sumber Kalimat Aktif & Kalimat Pasif

Apakah Perbedaan sumber Kalimat Aktif & Kalimat Pasif
Bahasa Indonesia mengenal kalimat aktif & kalimat pasif.

Perbedaan

utama sumber ke 2 pola susunan istilah ini merupakan dalam eksistensi subyeknya. Di mana, kalimat aktif merupakan kalimat yg subyeknya melakukan pekerjaan. Sedangkan kalimat pasif merupakan kalimat yg subyeknya dikenai pekerjaan.



Kalimat Aktif



Ikan



Kalimat aktif merupakan suatu kalimat dalam mana subjek bertindak menjadi pelaku atas pekerjaan yg dijelaskan dalam predikat kepada objek. Ciri-karakteristik kalimat aktif merupakan predikatnya memakai awalan me- atau ber- sebagai akibatnya otomatis subjek melakukan predikat. Contohnya artinya Ibu mengolah opor dalam dapur; Ayah memancing ikan dalam bahari; Saya bermain sepakbola dalam lapangan.



Kalimat Pasif



Buah Apel



Kalimat pasif merupakan kalimat dalam mana subjeknya dikenai pekerjaan yg dijelaskan dalam predikat. Penanda sumber kalimat pasif terletak dalam predikat yg memakai awalan dalam- atau ter-. Misalnya yaitu Jus apel dalam kulkas diambil saudara termuda; Telur dimasak abang menjadi opor telur; Lampu kamar mandi dinyalakan Bayu saat malam.



Kesimpulan



Dari uraian dalam atas, bisa disimpulkan bahwa kalimat aktif berisi subjek melakukan pekerjaan & kalimat pasif berisi subjek dikenai pekerjaan. Untuk mempermudah anda mengenali disparitas sumber ke 2 kalimat ini, perhatikan predikatnya bareng akurat. Predikat kalimat aktif selalu memakai awalan me- atau ber-, ad interim predikat kalimat pasif memakai awalan dalam- atau ter-.



No comments:

Post a Comment